Thursday 14 July 2016

Tahu Campur Cak Kahar Depot Legendaris

Postingan kali ini tentang salah satu kuliner terkenal di kota Pahlawan Surabaya, Tahu Campur. Awalnya saya tak ada rencana untuk menyantap kuliner ini kemarin, tetapi berhubung Warung Rawon Setan masih belum siap untuk menerima pesanan makanan dan karena kebetulan saya ingat ada Tahu Campur di dekat Warung Rawon Setan, akhirnya saya putuskan untuk sekalian mampir. Sebelum kemarin, sebenarnya saya sudah pernah kesana satu kali. Saya tahu tempat ini pertama kali dari acara kuliner yang diselenggarakan oleh salah satu produsen kecap di tanah air beberapa tahun lalu. Baik tanpa panjang lebar langsung saja masuk ke inti tulisan ini yaitu rasa Tahu Campur yang saya santap di lokasi kuliner ini.

Tahu Campur Cak Kahar Depot Legendaris
Tahu Campur Cak Kahar Depot Legendaris
Tahu Campur Cak Kahar Depot Legendaris ini terletak di Jalan Embong Malam sederetan dengan Warung Rawon Setan. Lokasinya berada di kanan jalan setelah Warung Rawon Setan jika dari arah Tunjungan Plaza. Begitu disana, saya langsung saja memesan seporsi Tahu Campur yang harganya 17 Ribu Rupiah. Tak perlu menunggu lama, Tahu Campur telah tersaji di meja di hadapan saya. Hal pertama yang saya lakukan tentu saja memfoto hidangan yang telah tersaji di hadapan.

Segera setelah acara memfoto selesai dilaksanakan, saya pun segera mulai menyantap hidangan hangat yang ada di depan mata. Berhubung masih cukup panas yang tentu saja kurang baik bagi mulut serta gigi kita, maka saya putuskan untuk "menghabisi" dulu krupuk-krupuk yang menjadi bagian dari sajian Tahu Campur. Setelah krupuk-krupuk yang ada telah habis disantap, barulah saya mulai mencicipi kuah Tahu Campur. Setelah beberapa sendok mencicipi rasa kuahnya, saya yakin bahwa rasanya kurang mantap. Hal ini biasanya disebabkan petis yang merupakan bumbu dasar dari Tahu Campur kurang jumlahnya. Namun sebelum memutuskan untuk meminta tambahan petis ke penjualnya, saya mencoba untuk mengaduk-aduk lagi, sebab barangkali saja petis yang telah ada disana kurang merata atau belum terlarut dengan kuah yang ada. Akan tetapi, pada akhirnya saya tetap meminta tambahan petis ke penjualnya.

Tahu Campur Cak Kahar Pesanan Saya
Tahu Campur Cak Kahar Pesanan Saya
Saat meminta tambahan petis ke penjualnya, saya jadi tahu bahwa petis yang ada di tempat makan ini telah ditaburi gorengan bawang merah yang cukup besar ukurannya. Setelah meminta tambahan petis, saya langsung kembali ke tempat duduk saya. Saya kemudian mencicipi sedikit rasa petis yang baru saja ditambahkan dan menyadari bahwa rasanya agak sedikit manis. Hal ini berbeda dengan petis yang umumnya saya rasakan di berbagai penjual Tahu Campur lain yang biasanya cenderung terasa aroma ikan atau udang yang biasanya menjadi bahan baku utama dari petis. Setelah mencicipi rasa petis yang diberikan, saya langsung mengaduknya supaya tercampur rata dengan kuah yang ada dan kemudian segera menyantapnya selagi masih hangat.

Walaupun dulu sekali saya pernah satu kali mencoba makan di Tahu Campur Cak Kahar Depot Legendaris tetapi berhubung sudah lama sekali maka saya lupa rasanya. Namun pada saat kemarin mencicipi hidangan Tahu Campur disana saya merasakan secara rasanya tidaklah seenak beberapa menu serupa yang pernah saya coba di berbagai lokasi lain yang menjualnya. Saya yakin rasa yang kurang mantap tersebut disebabkan kurang istimewanya rasa petis yang digunakan, sebab petis memang merupakan komponen penting untuk menciptakan rasa yang mantap pada Tahu Campur.

Berdasarkan rasa yang kurang mantap tersebut, maka jika saya ditanya soal rekomendasi makan Tahu Campur, bisa dipastikan Tahu Campur Cak Kahar Depot Legendaris ini tak akan pernah saya jadikan rekomendasi pertama untuk menyantap Tahu Campur. Saya akan lebih merekomendasikan Tahu Campur yang terletak disamping pagar Darmo Park 1 di Jalan Mayjen Sungkono atau yang berada di dalam area Pasar Pakis. Kedua Tahu Campur tersebut menurut saya memiliki rasa petis yang enak yang berpengaruh pada kesedapan rasa kuahnya. Saya akan mengulas kedua lokasi makan Tahu Campur pada kesempatan-kesempatan yang akan datang.

Demikian postingan saya mengenai Tahu Campur Cak Kahar Depot Legendaris. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment