Thursday 14 July 2016

Lokasi Kulineran Yang Sayang Dilewatkan Apabila Ke Surabaya

Posting pertama di blog terbaru yang saya buat secara khusus untuk mengakomodasi salah satu minat terbaru saya yaitu mencoba aneka macam kuliner di berbagai tempat yang saya kunjungi. Ini adalah blog kedua yang saya miliki setelah blog pertama saya di www.peteradisaputro.blogspot.com. Semoga posting pertama ini dapat menjadi awal yang baik serta menarik untuk posting-posting artikel kuliner selanjutnya. Selamat membaca.

Posting pertama kali ini adalah tentang lokasi-lokasi kuliner yang wajib dikunjungi dan sayang apabila dilewatkan ketika berada di kota Surabaya, kota dimana saya paling sering menghabiskan waktu sehari-hari saya. Lokasi kuliner mana saja yang dimaksud ? Mari simak ulasannya di bawah ini.
Warung Rawon Setan, Embong Malang, Surabaya
Warung Rawon Setan, Embong Malang, Surabaya (dok. pribadi)
Rawon Setan
Lokasi kuliner satu ini sudah sangat terkenal, tidak hanya di kota Surabaya, tetapi juga di berbagai daerah lain di Indonesia. Para wisatawan dari berbagai kota di Indonesia seolah belum berkunjung ke Surabaya jika belum mencicipi makanan di lokasi ini. Warung makan yang terkenal akan sajian utamanya berupa Nasi Rawon yang merupakan makanan khas Jawa Timur berupa sup daging dengan kuah hitam yang dihasilkan dari kluwek ini beralamat di Jalan Embong Malang I No. 78, Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Sempatkan untuk berkunjung ke lokasi makan ini apabila sedang ada di kota Surabaya. Warung makan ini menurut penuturan bapak yang ada di foto di atas buka 24 jam. Namun hari ini ketika saya kesana sekitar pukul 5 sore, mereka masih belum buka dan sedang siap-siap seperti tampak pada foto di atas.

Nasi Goreng Jancuk
Nasi Goreng Jancuk (sumber: travel.kapanlagi.com)
Nasi Goreng Jancuk
Selain terkenal dengan Rawon Setan nya, Surabaya juga terkenal akan kuliner Nasi Goreng dan salah satu yang terkenal adalah Nasi Goreng Jancuk. Kenapa diberi nama demikian ? Saya sendiri tak tahu pasti, tapi mungkin saja dikarenakan porsinya yang besar dan rasa pedasnya yang membuat orang berkata "jancuk" (pisuhan khas Surabaya). Seporsi Nasi Goreng Jancuk memang kelewat besar hingga bisa disantap oleh sekitar 4 orang. Apabila sedang berada di Surabaya dan gemar makan Nasi Goreng, coba saja mampir ke lokasinya di Restoran Kartini, Surabaya Plaza Hotel, Jalan Pemuda No. 33-37.

Kedai Mie Pecun Surabaya
Kedai Mie Pecun Surabaya (sumber: google.com)
Mie Pecun
Bagi yang doyan makanan pedas, selain Nasi Goreng Jancuk, maka makanan ini adalah pas untuk tidak dilewatkan ketika sedang berkunjung ke Surabaya. Kuliner ini memang masih tergolong baru di kota Surabaya, namun popularitasnya telah terdengar di berbagai penjuru kota. Mie kuah yang dicampur dengan potongan udang, telur, dan kornet dijamin bakal membuat setiap orang yang menyantapnya ketagihan. Selain itu, mie yang dijual disini juga memiliki berbagai tingkat kepedasan, antara lain Paket Klimax (Super Pedas), Paket Galau (Pedas Biasa), Paket Semriwing (Pedas Sedang), dan Paket Culun (Tidak Pedas). Lokasi tempat makan ini berada di Jalan Anjasmoro, Sawahan, Kecamatan Sawahan, Surabaya.

Soto Cak Har
Walaupun Soto bukanlah kuliner asli Surabaya, tetapi Soto Lamongan telah menjadi salah satu kuliner yang banyak dijumpai di kota ini, sehingga juga layak untuk dijadikan salah satu makanan yang wajib dicoba. Sebenarnya warung soto banyak bertebaran di berbagai penjuru, namun hanya beberapa atau sejumlah kecil yang terkenal di kota ini, salah satunya adalah Soto Cak Har. Menu Soto di Warung Soto Cak Har memiliki berbagai macam varian, mulai dari ceker, ayam, sapi, jeroan, hingga brutu. Warung Soto Cak Har dapat ditemukan di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno, Surabaya.

Kepiting Cak Gundul
Kepiting Cak Gundul (sumber: detikfood)
Kepiting Cak Gundul 1992
Bagi yang doyan seafood, maka tempat makan satu ini dapat dijadikan jujugan yang pas kalau sedang di Surabaya. Walaupun berbagai menu olahan laut tersedia disini, namun menu andalannya adalah olahan kepiting. Dua menu kepiting yang paling populer adalah Kepiting Bumbu Kare dan Kepiting Asam Manis. Tempat makan yang konon sudah berdiri selama sekitar 24 tahun ini dapat dijumpai di Jalan Raya Kupang Indah No. 45 C-D, Surabaya.

Nasi Cumi
Satu lagi kuliner dengan bahan dasar yang diperoleh dari laut, Nasi Cumi. Makanan ini umumnya dijumpai pada malam hari sehingga sangat untuk mengisi kekosongan perut di waktu tersebut. Seporsi Nasi Cumi biasanya dapat dibeli dengan harga sekitar 15 Ribu Rupiah saja. Salah satu tempat makan Nasi Cumi yang terkenal di Surabaya terletak di Jalan Waspada di seberangn pintu masuk samping Pasar Atom. Jika saya tidak salah ingat, tempat makan ini buka mulai siang hari.

Rujak Cingur Ahmad Jais
Rujak Cingur, makanan khas Surabaya dan Jawa Timur yang juga sudah sangat terkenal di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu tempat makan yang menjual Rujak Cingur yang sudah amat terkenal serta wajib dikunjungi di kota Surabaya adalah Rujak Cingur Ahmad Jais yang terletak di Jalan Ahmad Jais No. 40, Peneleh, Genteng, Surabaya. Rujak Cingur di tempat ini terkenal akan rasanya yang khas karena ulekan bumbu dari sang pemilik warung.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut
Warung Lontong Balap yang sudah ada sejak tahun 1956 ini terkenal sekali di kota Surabaya. Jadi, apabila kesana, tak perlu heran apabila tempat ini seringkali ramai oleh pengunjung. Yang membuat Lontong Balap di tempat ini terkenal adalah karena rasa khas kuah tauge yang dicampur dengan sambal petis. Lokasi warung ini di Jalan Kranggan (depan eks Bioskop Garuda), Surabaya.

Tampak Depan Warung Tahu Campur Kalasan
Tampak Depan Warung Tahu Campur Kalasan (sumber: google).
Tahu Campur Kalasan
Selain Rujak Cingur dan Lontong Balap, Surabaya masih memiliki kuliner lain yang juga khas yaitu Tahu Campur. Penjual Tahu Campur dapat dijumpai dengan mudah di berbagai lokasi di kota Surabaya. Salah satu yang terkenal adalah Tahu Campur Kalasan yang beralamat di Jalan Kalasan No. 22, Surabaya.

Kedai Ice Cream Zangrandi
Kedai Ice Cream Zangrandi (sumber: google)
Ice Cream Zangrandi
Setelah mengulas berbagai tempat menjual makanan, maka kurang lengkap apabila tak membahas juga mengenai tempat yang menjual minuman atau makanan penutup. Di Surabaya terdapat kedai yang sudah sangat terkenal dengan menu andalan ice cream yaitu Zangrandi. Tempat ini cocok untuk dikunjungi di siang hari bolong yang terik, agar segarnya ice cream dapat membasahi tenggorokan yang kering akibat cuaca panas. Aneka macam ice cream dapat dijumpai di kedai yang sudah ada sejak tahun 1933 ini. Lokasi Ice Cream Zangrandi ada di Jalan Yos Sudarso No. 15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya yang sekaligus merupakan lokasi pusat dari kedai tersebut. Lokasi ini dapat dijumpai dengan mudah karena letaknya yang tak terlalu jauh dari Balai Kota Surabaya. Adapun cabangnya terdapat di Jalan Raya Dharmahusada.

No comments:

Post a Comment